G Suite Jadi Google Workspace

Posted on

Mengenal Google Workspace

Baru-baru ini Google merubah salah satu nama produk nya yaitu G Suite menjadi Google Workspace. Google Workspace (sebelumnya G Suite) merupakan layanan atau perangkat (tools) kolaborasi berbasis cloud dari Google.

Layanan Google Workspace tersedia beberapa fitur. Layanan tersebut terdiri dari Google Mail (Gmail), Google Drive (Gdrive), Meet, Chat, Kalender, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, Keep, dan masih banyak layanan lainnya yang dapat dikelola melalui konsol admin Google.

GSuite Jadi Google Workspace
GSuite Jadi Google Workspace

Sebagai pengelola Google Apps sejak tahun 2014, yang sekarang ini dikenal dengan sebutan Super Admin G Suite. Google sudah merubah nama produk atau merek ini sampai 3 kali, mulai dari nama Google Apps kemudian dirubah menjadi G Suite dan sekarang menggunakan nama barunya yaitu Google Workspace.

Google Workspace menyediakan layanan email khusus untuk bisnis dan alat kolaborasi seperti Gmail, Kalender, Meet, Chat, Drive, Dokumen, Spreadsheet, Slide, Formulir, Sites, sama halnya G Suite, hampir tidak ada bedanya, hanya berbeda pada nama nya saja (G Suite jadi Google Workspace). Alasan Google melakukan perubahan nama merek dari G Suite menjadi Google Workspace adalah untuk menggambarkan visi produk dengan lebih akurat.

Google Workspace direkomendasikan untuk digunakan dan menjadi solusi bagi skala bisnis kecil maupun baru, perusahaan, organisasi, sekolah, bahkan untuk personal.

Perbedaan Google Edisi Gratis dan Google Workspace

Akun Google (Pribadi) edisi gratis dan google workspace memiliki fitur yang berbeda. Berikut perbedaannya:

Akun Google Pribadi

Penggunaan gmail edisi gratis:

  • Penyimpanan email : 15 GB
  • Batas upload lampiran : 25 MB

Alamat dan milis edisi gratis:

  • alamat email menggunakan domain @gmail.com

Layanan dan fitur dasar edisi gratis:

  • Kapasitas penyimpanan google drive terbatas

Akun Google Workspace

  • Penyimpanan tak terbatas (unlimited drive dan gmail)
  • Menggunakan email dengan domain sendiri atau domain perusahaan.
  • Mendapat fitur drive bersama (shared drive) untuk mendukung kolaborasi.

Dari perbedaan diatas yang paling menonjol adalah dari segi kapasitas atau storage yang diberikan. Google Workspace atau G Suite memiliki kapasitas penyimpanan yang tak terbatas untuk fitur cloud seperti drive dan gmail (*unlimited untuk edisi enterprise).

Edisi Google Workspace

Google Workspace mempunyai berbagai pilihan edisi, diantaranya:

Edisi Starter

  1. Business Starter: Suite produktivitas dan email profesional untuk maksimum 300 pengguna dengan penyimpanan 30 GB per pengguna.
  2. Business Standard: Suite produktivitas yang disempurnakan untuk maksimum 300 pengguna dengan penyimpanan 2 TB per pengguna.
  3. Business Plus: Suite produktivitas lanjutan untuk maksimum 300 pengguna dengan penyimpanan 5 TB per pengguna.

Edisi Enterprise

  1. Enterprise Standard: Rangkaian lengkap aplikasi produktivitas dan kolaborasi dengan penyimpanan tak terbatas serta keamanan dan pengelolaan tingkat perusahaan.
  2. Enterprise Plus: Produktivitas dan kolaborasi yang lengkap dengan penyimpanan tak terbatas dan kontrol keamanan serta kepatuhan yang paling canggih.

Untuk membandingkan edisi Google Workspace antara Starter dan Enterprise bisa kunjungi halaman resminya di Perbandingan Edisi Google Workspace.

Sobat CukupMudah.com, bagaimana untuk pembahasan mengenai G Suite Jadi Google Workspace nya? Cukup mudah untuk dipahami kan!