Cara Mudah Daftar BPJSTKU Terbaru

Posted on

Setiap pekerja pasti memiliki BPJS Ketenagakerjaan atau biasa disingkat BPJSTK yang sebelumnya dikenal dengan nama JAMSOSTEK. Peserta BPJS Ketenagakerjaan agar mendapat informasi saldo JHT dan rincian saldo JHT tahunan serta pengajuan klaim online BPJS Ketenagakerjaan bisa melalui layanan BPJSTKU.

Dengan BPJSTKU peserta dapat melihat semua informasi layanan dari BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari informasi profil peserta, cek saldo bpjs ketenagakerjaan, dan klaim saldo JHT.

Lalu bagaimana cara mendapat layanan BPSTKU? Untuk peserta BPJS Ketenagakerjaan cara mendaftar BPJSTKU cukup mudah, tutorial singkat dan sederhana ini akan menunjukan cara daftar dan login ke layanan BPJSTKU.

Cara Daftar BPJSTKU

Cara Mendaftar BPJSTKU
Cara Mendaftar BPJSTKU

Ada tiga jenis kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan diantaranya adalah PU, BPU, dan PMI. Berikut penjelasannya:

Tiga Jenis Kepesetaan BPJS Ketenagakerjaan (BPJSTK) / Jamsostek:

  1. PU adalah Penerima Upah (pegawai swasta, buruh, PNS, dsb)
  2. BPU (Bukan Penerima Upah) adalah pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri, seperti pedagang, pengendara ojek, petani, dsb.
  3. PMI (Pekerja Migran Indonesia) warga negara Indonesia yang akan, sedang, atau telah melakukan pekerjaan dengan menerima upah di luar wilayah Indonesia.

Cara Login BPJSTKU

Cara Login BPJSTKU
Cara Login BPJSTKU
  • Akses layanan BPJSTKU melalui link https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Pada form Login, masukan alamat email beserta password nya
  • Kemudian thick (check) pada bagian captcha
  • Klik tombol Login

Jika Login berhasil, akan diarahkan ke menu utama layanan BPJSTKU seperti menu Informasi Kartu DigitaL, menu untuk melihat Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, menu untuk Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan, dan menu Simulasi Saldo JHT.