Cara Konfigurasi Google G Suite / Workspace

Posted on

Melanjutkan Panduan G Suite sebelumnya tentang cara daftar g suite for education, hal pertama yang harus dilakukan setelah berhasil mendaftar g suite / google workspace sebagai admin (super admin G Suite) adalah konfigurasi konsol admin. Bagaimana caranya? berikut tutorial mengenai Cara Konfigurasi Konsol Admin di Google Workspace.

Konfigurasi Konsol Admin Google Workspace

Saat pertama kali masuk ke halaman dashboard konsol admin google G Suite / Google Workspace, yang akan tampil adalah Getting started G Suite untuk verifikasi domain. Sebelum konsol admin benar-benar siap digunakan, ada beberapa hal yang perlu di konfigurasi oleh admin dan konfigurasi g suite cukup mudah. Apa saja yang perlu dikonfigurasi?

1. Verifikasi Domain G Suite

Ada dua pilihan saat akan verifikasi domain di G Suite, pertama melalui notifikasi yang muncul di halaman dashboard konsol admin dan pilihan ke dua melalui G Suite setup wizard. Admin diwajibkan untuk verifikasi kepemilikan domain agar meyakinkan ke Google bahwa domain yang terdaftar di layanan G Suite benar-benar milik sendiri.

Cara verifikasi domain di G Suite / Google Wokspace

Masuk ke halaman Konsol Admin Google di https://admin.google.com/.

Dashboard Konsol Admin Google
Dashboard Konsol Admin Google

Dihalaman Getting started, Klik VERIFY

Verify Domain G Suite
Verify Domain G Suite

Metode verifikasi yang digunakan bisa beragam caranya, antara lain:

  • TXT verification
  • CNAME verification
  • Add meta tag
  • upload HTML file

Piliih salahsatu yang paling mudah yaitu antara add meta tag atau upload HTML file. Disini saya menggunakan metode verifikasi upload HTML file, karena domain yang saya daftarkan menggunakan wordpress jadi tinggal upload file HTML nya saja di hosting untuk verifikasi nya. Jika menggukan blogger akan lebih mudah menggunakan metode meta tag.

Pilih salah satu metode yang akan digunakan untuk verifikasi domain g suite, kemudian klik Continue

Download file HTML yang diberikan oleh Google, lalu klik Continue

Upload file HTML yang di download tadi ke hosting, simpan file HTML ke direktori public_html sejajar dengan file index website. Jika file HTML selesai di upload, klik VERIFY MY DOMAIN

Verify Domain Google Workspace
Verify Domain Google Workspace

Proses verifikasi domain membutuhkan beberapa menit, tunggu hinga proses verifikasi domain selesai. Jika proses verifikasi domain selesai akan diarahkan kembali ke halaman Getting started G Suite untuk proses konfigurasi selanjutnya.

2. Create new users

Proses kedua ini adalah membuat user dan group. Cara membuat atau menambah user / akun g suite melalui halaman Getting started G Suite sama halnya membuat user di dashboard konsol admin. Untuk proses ini akan dibahas di tutorial berikutnya mengenai cara membuat user / akun g suite.

3. Activate Gmail for your domain

Proses konfigurasi g suite ke tiga adalah mengaktifkan fitur Gmail G Suite. Gmail G Suite berbeda dengan Gmail yang biasanya. Perbedaanya ada pada domain saja, untuk fitur-fitur nya hampir sama. Hanya saja Gmail G Suite memiliki kelebihan dibandingkan dengan gmail biasa / gmail yang gratis. Berikut cara seting gmail di g suite:

Klik Activate

Centang dan klik Continue

Activate Gmail G Suite
Activate Gmail G Suite

Di tahap ini diperlukan setting DNS pada domain, tambahkan beberapa parameter (MX Records) milik Google ke domain agar routing email dari hosting / domain bisa di teruskan ke layanan email Gmail milik Google. Berikut parameter MX Records yang perlu ditambahkan ke DNS domain:

Setting MX Records Gmail G Suite
Setting MX Records Gmail G Suite

Jika sudah, klik Active Gmail.

G Suite sudah terkonfigurasi dengan benar. Dan Konsol Admin sudah siap dipakai. Jadi itulah tutorial mengenai cara konfigurasi g suite atau google workspace. Konfigurasi dilakukan untuk mengaktifkan layanan G Suite sehingga G Suite bisa digunakan dengan semestinya.